BUDIDAYA TOKEK PDF

BUDIDAYA TOKEK PDF

Cara sukses ternak tokek bersama deca reptiles. Berternak Tokek, Pelajar SMK Raup.

Author: Gojin Faeshicage
Country: Cameroon
Language: English (Spanish)
Genre: Technology
Published (Last): 28 June 2006
Pages: 19
PDF File Size: 13.13 Mb
ePub File Size: 16.40 Mb
ISBN: 791-9-67019-460-1
Downloads: 93454
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Voodoozragore

Anda pasti mengenal tokek. Reptil dengan suara keras ini masuk dalam keluarga cicak besar. Namun secara sempit, tokek selalu dimaknai sebagai tokek rumah Gecko gecko. Marganya Gekko dan bersuku Gekkonidae.

Sejatinya, tokek rumah tersebar luas di dunia dan suara sengaunya … tokke tokke… inilah yang mendasari penyebutan namanya.

Secara umum, panjang Gecko gecko sekitar 35 cm yang hampir setengah dari panjangnya itu adalah ekor. Kepalanya besar, jari kaki depan dan belakangnya dilengkapi bantalan penghisap yang berada di sisi bawah jari. Fungsinya sebagai perekat saat berjalan di segala permukaan terlebih yang licin. Sejak perburuan tokek terus meningkat, seiring rumor yang menyebutkan tokek rumah ini berkhasiat sebagai penyembuh penyakit HIV.

Tokek pun disebut mampu menyembuhkan penyakit kulit. Di alam, sedikitnya ada 44 jenis tokek dan Gecko gecko merupakan salah satu jenisnya.

Genus Gekko ini diantaranya adalah Gekko athymus, Gekko albofasciolatusGekko auriverrucosusdan Gekko badenii. Dari semua Gekko ini memang Gecko gecko yang paling dikenal.

Tokek rumah ini tersebar luas di alam. Di sebut tokek rumah karena ia sering terlihat di permukiman atau perumahan penduduk serta kebun dan hutan.

Suara teritorialnya yang sering terdengar menyeramkan menunjukkan akan keberadaannya di suatu tempat. Pastinya, tokek berperan vital menjaga keseimbangan ekosistem dengan memakan serangga. Otomatis, ia mengontrol populasi serangga agar tidak terjadi ledakan.

Bila tokek habis, rantai makanan akan terputus sehingga keseimbangan ekosistem terganggu.

Variety – Animal Gecko: Small Animal High Value Selling (Ternak Tokek) | Animal husbandry

Sebagaimana bangsa cicak lainnya, tokek aktif berburu saat senja dan malam hari. Tak jarang, tokek turun ke tanah untuk toksk mangsanya. Saat siang, biasanya ia menyelinap di atap rumah, lubang kayu, atau sela bebatuan.

Tokek tidaklah beracun, hanya ia memiliki rahang kuat sehingga bila menggigit akan sulit dilepaskan. Inilah yang mendasari mitos, gigitan tokek tidak akan lepas tanpa adanya suara geledek.

  BREEZINGFORMS TUTORIAL PDF

Semakin kita lawan akan semakin kencang gigitannya dan akan menyebabkan luka.

Sejauh ini, Gecko gecko memang tercatat paling kuat gigitannya. Menurut Awal Riyanto, sepanjang penelitian yang dilakukan, tokek memiliki kandungan zat tertentu untuk melawan virus HIV belumlah ada. Namun sebagai mitos, di Tiongkok tokek dipercaya memiliki tomek sebagai obat tradisional untuk kebugaran atau tonik yang dicampur dengan ramuan lainnya.

Berdasarkan data dari pihak imigrasi di Taiwan fokek, sekitar 15 juta tokek diekspor ke Taiwan sejak yang 71 persennya berasal dari Thailand. Padatokek ilegal yang dikeringkan dari Pulau Jawa sekitar 6,75 ton atau 1. Di Indonesia ada mitos tokek yang dikonsumsi dapat menyembuhkan penyakit kulit. Terkait perburuan tokek yang terjadi, yang mengatasnamakan pengobatan, Awal menyebutkan karena tokem nilai ekonominya.

Secara lokal mungkin belum terlalu besar, namun karena diekspor, harga tokek jadi meningkat terutama untuk memenuhi permintaan dari Tiongkok.

Budidaya tokek

Ekspor bisa dalam bentuk kering, isi dalam tubuhnya sudah dibuang. Juga, ada yang masih basah dengan isi tubuh sudah dipisahkan. Sejauh ini, tokek belum dilindungi dan tersebar di alam.

Budivaya dilindungi sendiri meliputi populasi di alam yang menurun, sebarannya terbatas, dan memiliki peran penting dalam ekosistem.

Dari sekian jenis tokek, yang paling banyak diburu adalah jenis Tokay Gecko.

Tujuan awal penangkaran adalah mengurangi penangkapan langsung di alam melalui hasil breeding. Di penangkaran tokek bisa bertelur 3 hingga 4 kali, yang sekali bertelur 2 butir dengan masa inkubasi 2 bulan. Penangkaran ini tidak bergantung pada kuota tapi pada seberapa besar budidaha penangkaran tersebut menghasilkan.

Yang harus dikritisi adalah apakah penangkaran tersebut sesuai aturan atau tidak. Pengembangbiakan tokek secara komersil memang diizinkan di Indonesia. MaretKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK telah memberikan izin kepada 6 perusahaan untuk mengekspor lebih dari 3 juta tokek hidup dalam setahun hasil dari penangkaran.

Para peneliti dalam laporan tersebut menghitung, untuk dapat memproduksi 1 juta tokek ukuran dewasa, sebuah fasilitas penangkaran akan membutuhkan Akan dibutuhkan pula Fasilitas penangkaran juga akan membutuhkan ratusan staf dan persediaan makanan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup tokek. Namun, untuk mencapai kuota ekspor tersebut, sejumlah ttokek tokek harus diambil dari alam bdidaya dilakukan pencucian ke jalur perdagangan satwa yang diakui berasal dari penangkaran.

  KLUBERSYNTH UH1 6-460 PDF

Tokek dan Kelirunya Persepsi Kita :

Sehingga, perdagangan dalam negeri dapat dipantau. Tokek rumah ini yang sering terlihat di perumahan. Awal Riyanto Berikut terangkung tujuh kekeliruan kita toke Tokay Gecko. Hanya ada satu jenis tokek yaitu Gecko gecko Di alam, sedikitnya ada 44 jenis tokek dan Buddaya gecko merupakan salah satu jenisnya.

Gecko gecko hanya ada di rumah Tokek rumah ini tersebar luas di alam. Tidak penting bagi alam Pastinya, tokek berperan vital menjaga keseimbangan ekosistem dengan memakan serangga. Diperkirakan ada sekitar 44 jenis tokek yang hidup di alam. Beracun Tokek tidaklah beracun, hanya tokdk memiliki rahang kuat sehingga bila menggigit akan sulit dilepaskan.

Ramuan dari tokek yang dianggap dapat menyembuhkan penyakit, tanpa ada penelitian yang intensif akan mitos tersebut. Sebagai obat kulit Di Indonesia ada mitos tokek yang dikonsumsi dapat menyembuhkan penyakit kulit. Tokek rumah dewasa dan anakan. Penangkaran Tujuan awal penangkaran adalah mengurangi penangkapan langsung di alam melalui hasil breeding. Tokek rumah yang hingga kini terus diburu. Rhett Butler Para peneliti dalam laporan tersebut menghitung, untuk dapat memproduksi 1 juta tokek ukuran dewasa, sebuah fasilitas penangkaran akan membutuhkan Rute tokke tokek rumah.

Artikel yang diterbitkan oleh Rahmadi R. CITESkeragaman satwa liar di Indonesia toke, mitos tentang tokekPerburuan satwa liarperburuan satwa liar untuk obat tradisionalperlindungan satwa liarSatwa LiarSatwa liar di Indonesia diburutokek bukan obat penyakit HIVTokek rumah. Mangrove, Harimau, dan Harapan Nyata Masyarakat.

Energi Catatan Akhir Tahun: Temuan Ini Ungkap Manusia Maros 2.